Memberdayakan mahasiswa melalui kegiatan olahraga
Olahraga adalah sesuatu yang universal, dapat dinikmati oleh semua orang di dunia ini. Berolahraga tidak hanya dilakukan oleh kalangan atlet saja. Bagi para pelajar/mahasiswa, kegiatan olahraga di waktu senggang (di luar waktu perkuliahan) ataupun di saat hari libur, merupakan suatu kegiatan alternatif yang positif dan bermanfaat. Perlu kita sayangkan, di era modern ini dimana dengan semakin maraknya perkembangan teknologi informasi, mahasiswa cenderung memilih untuk bertahan duduk berlama-lama di depan komputer ataupun laptop untuk melayari ’dunia maya’, apakah untuk mencari bahan rujukan yang berkaitan dengan studi ataupun hal-hal lain. Aktivitas ini tentulah bermanfaat, namun apabila tidak diimbangi dengan berolahraga adalah tidak baik dari segi kesehatan, karena menyebabkan anggota-anggota tubuh menjadi tidak banyak bergerak. Sekarang ini kalangan mahasiswa memiliki organ tertentu saja yg kuat dan terlatih, yaitu jari-jari tangan, karena organ ini lah yang lebih banyak diaktifkan untuk menekan tombol-tombol yang ada pada keyboard komputer atau laptop.
Mahasiswa sebagai kalangan intelek yang lebih mengandalkan ”energi” pada otak, juga perlu menjaga kesehatan fisik. Dengan fisik yang sehat maka akan mendukung terhadap kemampuan otak untuk berfikir jernih dan cerdas. Fisik yang lemah atau tidak fit akan mengganggu kerja otak, sehingga pemikiran pun tidak lagi jernih dan cerdas. Apalagi kalau sudah sampai jatuh sakit, maka bukan hanya otak yang tidak dapat bekerja secara maksimal, tapi juga anggota-anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya mahasiswa memiliki pandangan lebih luas dan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga terutama yang dilakukan di kampus. Boleh dikatakan, saat ini keperluan mahasiswa terhadap sarana dan fasilitas olahraga sama pentingnya dengan keperluan terhadap perpustakaan.
Masyarakat umum menilai perhatian dan dukungan pemerintah Indonesia terhadap perkembangan olahraga nasional adalah masih minim, termasuk pula terhadap perkembangan olahraga di kalangan mahasiswa. Masih banyak kampus yang tidak memiliki fasilitas olahraga yang baik dan memadai, serta tidak memperhatikan kegiatan keolahragaan bagi mahasiswanya. Hal ini sangat mempengaruhi minat dan daya tarik mahasiswa terhadap kegiatan olahraga. Terlebih lagi bagi pelajar wanita (mahasiswi) yang masih kurang berminat terhadap olahraga. Padahal kalangan mahasiswa adalah generasi penerus yang akan menjadi pemimpin bangsa kita kelak. Apa jadinya kalau calon-calon pemimpin kita tidak mempunyai jasmani yang sehat, lemah, atau berpenyakitan?
Sekalipun demikian, sebenarnya pemerintah melalui Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) telah mengadakan beberapa iven untuk menyemarakkan olahraga di kalangan mahasiswa di Indonesia, seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional, Kontes Olahraga Mahasiswa (KOMA), dan lain-lain. Namun mungkin sosialisasi program keolahragaan bagi mahasiswa dirasakan masih kalah apabila dibandingkan dengan acara-acara hiburan seperti musik, pentas seni, pemutaran film dan lain-lain.
Kegiatan olahraga mahasiswa Indonesia di Malaysia
Bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negara jiran, Malaysia, mungkin punya cerita lain tentang kegiatan bersukan (istilah ’berolahraga’ dalam bahasa Melayu) di kampusnya masing-masing. Kampus-kampus di Malaysia dinilai memiliki berbagai fasilitas olahraga yang lebih baik, lengkap, dan cukup terawat. Seperti misalnya di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Bangi, yang memiliki berbagai fasilitas olahraga baik indoor maupun outdoor. Jenis olahraga indoor yang dapat dilakukan di UKM misalnya bulutangkis, pingpong, skuasy, karate, taekwondo, silat, senam, dan renang. Sedangkan jenis olahraga outdoor misalnya sepak bola, voli, basket, hoki, sofbol, kriket, bola jaring, sepak takraw, dan tenis.
Di UKM, segala yang berkaitan dengan fasilitas dan aktivitas olahraga diurus oleh unit yang berwenang, yaitu Pusat Sukan UKM. Unit yang bermarkas di Stadium Universiti (stadion utama di UKM) ini bertugas untuk mengurusi iven-iven olahraga yang melibatkan mahasiswa, kalangan akademisi, staf (pegawai) UKM, dan juga pihak luar. Selain itu, unit ini pula bertugas mengatur penggunaan lapangan olahraga, penempahan (booking) lapangan dan peminjaman perlengkapan olahraga, dan melakukan perawatan, serta pengadaan fasilitas olahraga. Berbagai pertandingan atau kejuaraan telah diadakan oleh pihak Pusat Sukan UKM, baik untuk kalangan mahasiswa UKM maupun untuk pihak luar, seperti kejohanan tahunan mahasiswa UKM (SUKEM), sukan antar universitas se-Malaysia (MASUM), sukan antar staf dan lain-lain.
Aktivitas olahraga di kalangan mahasiswa sebagian besar telah diorganisir oleh organisasi atau persatuan pelajar yang mewadahi anggota-anggotanya. Ada juga aktivitas olahraga yang tidak terorganisir dan tidak dipimpin, yang biasanya dilakukan kapan saja, atas dasar ’suka-suka’, dan mereka bermain dengan siapa saja yang ingin bermain.
Mahasiswa Indonesia di UKM dapat pula memanfaatkan fasilitas olahraga di kampus mereka kapan saja selama masa studi di sini. Selama ini olahraga yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia di UKM adalah sepak bola, tenis, bulutangkis, pingpong, bola basket, renang dan lain-lain. Khusus untuk olahraga tenis, mahasiswa Indonesia di UKM yang memiliki minat terhadap olahraga ini cukup banyak, dan membentuk persatuan sendiri yang diberi nama Forum Pencinta Tenis – Indonesia, Universiti Kebangsaan Malaysia (disingkat FPT-I UKM), atau dikenal dengan nama ’Tenismania’. Persatuan ini cukup aktif dan beranggotakan 20 hingga 30 orang. Berbagai kegiatan telah berhasil diselenggarakan oleh persatuan ini, seperti mengadakan latihan rutin bermain tenis setiap akhir pekan (dibimbing oleh pemain-pemain senior, terbuka dan gratis bagi mahasiswa Indonesia), turnamen tenis tahunan untuk sesama anggota, mengirimkan tim untuk mengikuti kejuaraan SUKEM, pertandingan persahabatan dengan mahasiswa dari kampus lain, mengikuti pertandingan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI yang diadakan oleh KBRI Kuala Lumpur, dan lain-lain. Selama ini dirasakan bahwa olahraga yang diorganisir akan lebih ”hidup” (baca: aktif), anggotanya lebih kompak, dan mampu bertahan lama (eksis) daripada yang tidak diorganisir.
Menciptakan mahasiswa unggul melalui olahraga
Kegiatan olahraga di kalangan mahasiswa memiliki dampak terhadap kepribadian mahasiswa tersebut. Selain menyehatkan badan dan menghindari penyakit, berolahraga dapat menghilangkan stres akibat beban-beban studi. Setelah berolahraga dan diikuti dengan beristirahat, maka tubuh akan segar, bugar, dan bersemangat kembali, sehingga pikiran pun akan semakin sehat, jernih, dan cerdas. Selain bermanfaat bagi fisik, berolahraga juga bermanfaat bagi mental atau jiwa, misalnya menumbuhkan kedisiplinan (dengan cara datang tepat waktu pada saat latihan), membina semangat
juang, mental ulet dan tangguh dalam menghadapi semua rintangan dan hambatan, pantang menyerah, melatih kejujuran dan sportivitas.
Kegiatan olahraga yang dilakukan secara bersama-sama akan akan menjadikan kegiatan itu bertambah semarak dikarenakan kawan-kawan dapat menjadi partner ataupun lawan tanding. Dengan adanya kawan, kita dapat saling berbagi ilmu atau teknik dalam berolahraga. Selain itu, olahraga bersama dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi, semangat kebersamaan dan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang lain, karena momen olahraga dapat ”mempersatukan” para mahasiswa yang berbeda disiplin ilmu dan biasanya disibukkan dengan studi masing-masing. Apalagi mahasiswa kini dengan segala idealismenya, cenderung hanya bergaul dengan rekan-rekan yang ”sepaham” dengannya. Di gelanggang olahraga, maka semua menjadi sama dan bersatu (berbaur) tanpa memperhatikan latar belakang, asal usul, suku bangsa, kekayaan, warna kulit, keterlibatan dalam partai politik tertentu, dan hal-hal lain yang cenderung membedakan seseorang dengan orang lain.
Barangkali sudah saatnya pihak universitas berperan ”mencetak” mahasiswa unggul bukan hanya dari segi akademik semata, tapi juga melalui keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan non-akademik, seperti berolahraga. Persatuan-persatuan pelajar diharapkan pula lebih menghidupkan program-program olahraga dan menggalakkan setiap mahasiswa untuk terlibat di dalamnya, dengan semangat “Satu mahasiswa, satu olahraga”.
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Ditulis oleh Administrator
Wednesday, 16 April 2008
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. \proses belajar dianggap berhasil jika si pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambatlaun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Tujuan utama para pendidik adalah membantu si siswa untuk mengembangkan dirinya, yaitu membantu masing-masing individu untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka. Para ahli humanistik melihat adanya dua bagian pada proses belajar, ialah :
1. Proses pemerolehan informasi baru,
2. Personalia informasi ini pada individu.
Tokoh penting dalam teori belajar humanistik secara teoritik antara lain adalah: Arthur W. Combs, Abraham Maslow dan Carl Rogers.
1. Arthur Combs (1912-1999)
Bersama dengan Donald Snygg (1904-1967) mereka mencurahkan banyak perhatian pada dunia pendidikan. Meaning (makna atau arti) adalah konsep dasar yang sering digunakan. Belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu. Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka. Anak tidak bisa matematika atau sejarah bukan karena bodoh tetapi karena mereka enggan dan terpaksa dan merasa sebenarnya tidak ada alasan penting mereka harus mempelajarinya. Perilaku buruk itu sebenarnya tak lain hanyalah dati ketidakmampuan seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak akan memberikan kepuasan baginya.
Untuk itu guru harus memahami perlaku siswa dengan mencoba memahami dunia persepsi siswa tersebut sehingga apabila ingin merubah perilakunya, guru harus berusaha merubah keyakinan atau pandangan siswa yang ada. Perilaku internal membedakan seseorang dari yang lain. Combs berpendapat bahwa banyak guru membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa siswa mau belajar apabila materi pelajarannya disusun dan disajikan sebagaimana mestinya. Padahal arti tidaklah menyatu pada materi pelajaran itu. Sehingga yang penting ialah bagaimana membawa si siswa untuk memperoleh arti bagi pribadinya dari materi pelajaran tersebut dan menghubungkannya dengan kehidupannya.
Combs memberikan lukisan persepsi dir dan dunia seseorang seperti dua lingkaran (besar dan kecil) yang bertitik pusat pada satu. Lingkaran kecil (1) adalah gambaran dari persepsi diri dan lingkungan besar (2) adalah persepsi dunia. Makin jauh peristiwa-peristiwa itu dari persepsi diri makin berkurang pengaruhnya terhadap perilakunya. Jadi, hal-hal yang mempunyai sedikit hubungan dengan diri, makin mudah hal itu terlupakan.
2. Maslow
Teori Maslow didasarkan pada asumsi bahwa di dalam diri individu ada dua hal :
(1) suatu usaha yang positif untuk berkembang
(2) kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan itu.
Maslow mengemukakan bahwa individu berperilaku dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat hirarkis. Pada diri masing-masing orang mempunyai berbagai perasaan takut seperti rasa takut untuk berusaha atau berkembang, takut untuk mengambil kesempatan, takut membahayakan apa yang sudah ia miliki dan sebagainya, tetapi di sisi lain seseorang juga memiliki dorongan untuk lebih maju ke arah keutuhan, keunikan diri, ke arah berfungsinya semua kemampuan, ke arah kepercayaan diri menghadapi dunia luar dan pada saat itu juga ia dapat menerima diri sendiri(self).
Maslow membagi kebutuhan-kebutuhan (needs) manusia menjadi tujuh hirarki. Bila seseorang telah dapat memenuhi kebutuhan pertama, seperti kebutuhan fisiologis, barulah ia dapat menginginkan kebutuhan yang terletak di atasnya, ialah kebutuhan mendapatkan ras aman dan seterusnya. Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow ini mempunyai implikasi yang penting yang harus diperharikan oleh guru pada waktu ia mengajar anak-anak. Ia mengatakan bahwa perhatian dan motivasi belajar ini mungkin berkembang kalau kebutuhan dasar si siswa belum terpenuhi.
3. Carl Rogers
Carl Rogers lahir 8 Januari 1902 di Oak Park, Illinois Chicago, sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Semula Rogers menekuni bidang agama tetapi akhirnya pindah ke bidang psikologi. Ia mempelajari psikologi klinis di Universitas Columbia dan mendapat gelar Ph.D pada tahun 1931, sebelumnya ia telah merintis kerja klinis di Rochester Society untuk mencegah kekerasan pada anak.
Gelar profesor diterima di Ohio State tahun 1960. Tahun 1942, ia menulis buku pertamanya, Counseling and Psychotherapy dan secara bertahap mengembangkan konsep Client-Centerd Therapy. Rogers membedakan dua tipe belajar, yaitu:
1. Kognitif (kebermaknaan)
2. experiential ( pengalaman atau signifikansi)
Guru menghubungan pengetahuan akademik ke dalam pengetahuan terpakai seperti memperlajari mesin dengan tujuan untuk memperbaikai mobil. Experiential Learning menunjuk pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan siswa. Kualitas belajar experiential learning mencakup : keterlibatan siswa secara personal, berinisiatif, evaluasi oleh siswa sendiri, dan adanya efek yang membekas pada siswa.
Menurut Rogers yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah pentingnya guru memperhatikan prinsip pendidikan dan pembelajaran, yaitu:
1. Menjadi manusia berarti memiliki kekuatan yang wajar untuk belajar. Siswa tidak harus belajar tentang hal-hal yang tidak ada artinya.
2. Siswa akan mempelajari hal-hal yang bermakna bagi dirinya. Pengorganisasian bahan pelajaran berarti mengorganisasikan bahan dan ide baru sebagai bagian yang bermakna bagi siswa
3. Pengorganisasian bahan pengajaran berarti mengorganisasikan bahan dan ide baru sebagai bagian yang bermakna bagi siswa.
4. Belajar yang bermakna dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses.
Dari bukunya Freedom To Learn, ia menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip dasar humanistik yang penting diantaranya ialah :
a. Manusia itu mempunyai kemampuan belajar secara alami.
b. Belajar yang signifikan terjadi apabila materi pelajaran dirasakan murid mempunyai relevansi dengan maksud-maksud sendiri.
c. Belajar yang menyangkut perubahan di dalam persepsi mengenai dirinya sendiri diangap mengancam dan cenderung untuk ditolaknya.
d. Tugas-tugas belajar yang mengancam diri ialah lebih mudah dirasakan dan diasimilasikan apabila ancaman-ancaman dari luar itu semakin kecil.
e. Apabila ancaman terhadap diri siswa rendah, pengalaman dapat diperoleh dengan berbagai cara yang berbeda-beda dan terjadilah proses belajar.
f. Belajar yang bermakna diperoleh siswa dengan melakukannya.
g. Belajar diperlancar bilamana siswa dilibatkan dalam proses belajar dan ikut bertanggungjawab terhadap proses belajar itu.
h. Belajar inisiatif sendiri yang melibatkan pribadi siswa seutuhnya, baik perasaan maupun intelek, merupakan cara yang dapat memberikan hasil yang mendalam dan lestari.
i. Kepercayaan terhadap diri sendiri, kemerdekaan, kreativitas, lebih mudah dicapai terutama jika siswa dibiasakan untuk mawas diri dan mengritik dirinya sendiri dan penilaian dari orang lain merupakan cara kedua yang penting.
j. Belajar yang paling berguna secara sosial di dalam dunia modern ini adalah belajar mengenai proses belajar, suatu keterbukaan yang terus menerus terhadap pengalaman dan penyatuannya ke dalam diri sendiri mengenai proses perubahan itu.
Salah satu model pendidikan terbuka mencakuo konsep mengajar guru yang fasilitatif yang dikembangkan Rogers diteliti oleh Aspy dan Roebuck pada tahun 1975 mengenai kemampuan para guru untuk menciptakan kondidi yang mendukung yaitu empati, penghargaan dan umpan balik positif. Ciri-ciri guru yang fasilitatif adalah:
1. Merespon perasaan siswa
2. Menggunakan ide-ide siswa untuk melaksanakan interaksi yang sudah dirancang
3. Berdialog dan berdiskusi dengan siswa
4. Menghargai siswa
5. Kesesuaian antara perilaku dan perbuatan
6. Menyesuaikan isi kerangka berpikir siswa (penjelasan untuk mementapkan kebutuhan segera dari siswa)
7. Tersenyum pada siswa
Dari penelitian itu diketahui guru yang fasilitatif mengurangi angka bolos siswa, meningkatkan angka konsep diri siswa, meningkatkan upaya untuk meraih prestasi akademik termasuk pelajaran bahasa dan matematika yang kurang disukai, mengurangi tingkat problem yang berkaitan dengan disiplin dan mengurangi perusakan pada peralatan sekolah, serta siswa menjadi lebih spontan dan menggunakan tingkat berpikir yang lebih tinggi.
Implikasi Teori Belajar Humanistik
Aplikasi teori humanistik lebih menunjuk pada ruh atau spirit selama proses pembelajaran yang mewarnai metode-metode yang diterapkan. Peran guru dalam pembelajaran humanistik adalah menjadi fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan siswa. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada siswa dan mendampingi siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran.
Siswa berperan sebagai pelaku utama (student center) yang memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Diharapkan siswa memahami potensi diri , mengembangkan potensi dirinya secara positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif. Tujuan pembelajaran lebih kepada proses belajarnya daripada hasil belajar. Adapun proses yang umumnya dilalui adalah :
1. Merumuskan tujuan belajar yang jelas
2. Mengusahakan partisipasi aktif siswa melalui kontrak belajar yang bersifat jelas , jujur dan positif.
3. Mendorong siswa untuk mengembangkan kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri
4. Mendorong siswa untuk peka berpikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri
5. Siswa di dorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri, melakukkan apa yang diinginkan dan menanggung resiko dariperilaku yang ditunjukkan.
6. Guru menerima siswa apa adanya, berusaha memahami jalan pikiran siswa, tidak menilai secara normatif tetapi mendorong siswa untuk bertanggungjawab atas segala resiko perbuatan atau proses belajarnya.
7. Memberikan kesempatan murid untuk maju sesuai dengan kecepatannya
8. Evaluasi diberikan secara individual berdasarkan perolehan prestasi siswa
Pembelajaran berdasarkan teori humanistik ini cocok untuk diterpkan pada materi-materi pembelajaran yang bersifat pembentukan kepribadian, hati nurani, perubahan sikap, dan analisis terhadap fenomena sosial. Indikator dari keberhasilan aplikasi ini adalah siswa merasa senang bergairah, berinisiatif dalam belajar dan terjaadi perubahan pola pikir, perilaku dan sikap atas kemauan sendiri. Siswa diharapkan menjadi manusia yang bebas, berani, tidak terikat oleh pendapat orang lain dan mengatur pribadinya sendiri secara bertanggungjawab tanpa mengurangi hak-hak orang lain atau melanggar aturan , norma , disiplin atau etika yang berlaku.
Psikologi humanistik memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator yang berikut ini adalah berbagai cara untuk memberi kemudahan belajar dan berbagai kualitas sifasilitator. Ini merupakan ikhtisar yang sangat singkat dari beberapa guidenes(petunjuk):
1. Fasilitator sebaiknya memberi perhatian kepada penciptaan suasana awal, situasi kelompok, atau pengalaman kelas
2. Fasilitator membantu untuk memperoleh dan memperjelas tujuan-tujuan perorangan di dalam kelas dan juga tujuan-tujuan kelompok yang bersifat umum.
3. Dia mempercayai adanya keinginan dari masing-masing siswa untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang bermakna bagi dirinya, sebagai kekuatan pendorong, yang tersembunyi di dalam belajar yang bermakna tadi.
4. Dia mencoba mengatur dan menyediakan sumber-sumber untuk belajar yang paling luas dan mudah dimanfaatkan para siswa untuk membantu mencapai tujuan mereka.
5. Dia menempatkan dirinya sendiri sebagai suatu sumber yang fleksibel untuk dapat dimanfaatkan oleh kelompok.
6. Di dalam menanggapi ungkapan-ungkapan di dalam kelompok kelas, dan menerima baik isi yang bersifat intelektual dan sikap-sikap perasaan dan mencoba untuk menanggapi dengan cara yang sesuai, baik bagi individual ataupun bagi kelompok
7. Bilamana cuaca penerima kelas telah mantap, fasilitator berangsur-sngsur dapat berperanan sebagai seorang siswa yang turut berpartisipasi, seorang anggota kelompok, dan turut menyatakan pendangannya sebagai seorang individu, seperti siswa yang lain.
8. Dia mengambil prakarsa untuk ikut serta dalam kelompok, perasaannya dan juga pikirannya dengan tidak menuntut dan juga tidak memaksakan, tetapi sebagai suatu andil secara pribadi yang boleh saja digunakan atau ditolak oleh siswa
9. Dia harus tetap waspada terhadap ungkapan-ungkapan yang menandakan adanya perasaan yang dalam dan kuat selama belajar
10. Di dalam berperan sebagai seorang fasilitator, pimpinan harus mencoba untuk menganali dan menerima keterbatasan-keterbatasannya sendiri.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Thanks ya sob blog ini sangat bermanfaat dan cukup membantu saya sekali ...........
BalasHapusbiro tiket pesawat